Rabu, 19 September 2012

Asal Mula Keju

Hmm, ternyata keju punya sejarah ya..?? punya cerita..?? 
Mau tahu ceritanya ? Yuuukk…baca sama – sama yaa.. 

Alkisah, ada seorang pengembara yang sedang berkelana dengan untanya. Si pengembara membawa bekal berupa susu yang ditempatkan pada sebuah kantong yang terbuat dari bagian perut hewan. Karena perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, akhirnya si pengembara merasa kehausan. Ia pun segera mengambil kantong yang berisi susu untuk diminum. Namun alangkah terkejutnya si pengembara setelah tahu bahwa susu yang dibawanya berubah menjadi gumpalan. Akhirnya ia pun tetap menikmati susu yang berbentuk gumpalan itu.Nah, gumpalan susu itulah yang sekarang kita kenal sebagai keju.

Mau tahu bagaimana susu cair itu bisa berubah menjadi gumpalan ? Setelah diselidiki ternyata kantong minuman si pengembara itu terdapat bakteri. Di sepanjang perjalanan yang cukup jauh, kantong minuman itu terguncang – guncang . Karena di dalam kantong minuman itu terdapat bakteri dan terkena panas matahari, maka susunya menjadi gumpalan.

Kini untuk membuat keju, tidak perlu mencari kantong minuman yang berasal dari bagian perut hewan, melainkan keju telah dibuat oleh peralatan yang serba canggih di pabrik. Susu segar dipanaskan dalam tangki yang sangat besar, kemudian susu diberi bakteri dan dibiarkan hingga menggumpal. Baru setelah itu gumpalan susu tersebut dimasukkan ke dalam berbagai cetakan dan kemasan untuk dipasarkan. 


 *sumber : Komik Sains KUARK edisi 07/Tahun VII

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar