Sabtu, 15 September 2012

Kamboja dan Adenium,sama…???



Kamboja memiliki struktur pohon yang bercabang – cabang,batangnya kecil memanjang dengan ketinggian hingga enam meter. Kamboja tergolong tumbuhan yang dapat mencapai usia ratusan tahun. Di Indonesia kamboja tumbuh di dataran dataran rendah hingga ketinggian 700 meter. Bunga kamboja memiliki lima helai mahkota yang saling berlepasan pada pangkalnya.
Di Indonesia adenium dikenal dengan kamboja jepang, karena memiliki kemiripan dengan tumbuhan kamboja. Adenium bukan berasal dari Jepang seperti yang dikira banyak orang. Mungkin karena sosok adenium yang mungil dan mirip kamboja ini, maka masyarakat Indonesia menyebutnya dengan kamboja jepang.
Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika. Disana adenium disebut mawar padang pasir (Desert Rose). Karena tempat hidupnya di daerah kering, maka tanaman ini lebih cocok pada media yang kering. Batang dan akar adenium menggembung menyerupai umbi. Bunganya berbentuk seperti terompet dengan lima mahkota yang menyatu pada pangkalnya.

Sebenarnya kamboja adalah jenis Plumeria, kerabat jauh dari Adenium. Beberapa perbedaan antara Adenium dengan Plumeria adalah sebagai berikut :
  • Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun kecil panjang. Akar adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  • Plumeria berbatang kecil memanjang tanpa bentuk umbi, dengan sosok tanaman yang besar dan dapat tumbuh tinggi, dengan bentuk daun panjang dan besar.




Related Posts

1 komentar:

  1. Mungkin ada yg berminat dengan bunga kamboja kering dan basah, silahkan mampir
    http://bisniskamboja.blogspot.com/

    BalasHapus