Jumat, 14 September 2012

Definisi kecerdasan masa kini

   
     Arti Kecerdasan saat ini sudah sangat beragam tergantung dari sudut pandang, pemahaman, dan kejernihan kita dalam mengartikan kecerdasan. Sebagai seorang guru kita tidak dapat lagi menetapkan bahwa anak yang memiliki skor tinggi dalam kemampuan matematika ataupun bahasa serta pengetahuan sosial dikategorikan sebagai cerdas. Karena kita akan menenggelamkan potensi - potensi lain yang dimilikinya.
      Paradigma kecerdasan ini telah berubah sangat revolusioner. Namun masih saja banyak orang tua yang terjebak pada kepentingan sesaatnya. Mereka memaksa anak - anak untuk mengejar nilai lebih tinggi di sekolah dengan mengikuti berbagai macam les. Pemahaman mereka terhadap kecerdasan terbelenggu oleh tradisi yang menganggap kecerdasan individu hanya berdasarkan hasil skor tes intelegensi saja.
     Definisi kecerdasan yang terkini dan terpopuler adalah yang dikemukakan oleh Howard Gardner.
Konsep kecerdasan yang bermakna dan kontekstual adalah :
  •   Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan    nyatanya.
  •  Daya ciptanya dalam menghasilkan persoalan - persoalan baru dan sekaligus mampu menyelesaikannya.
  •  Kemampuan untuk menciptakan sesuatu dan menjadikannya sebagai suatu jasa yang dapat memperoleh penghargaan dari masyarakat.

      Jadi, menurut Gardner kecerdasan adalah kemampuan dalam menemukan dan sekaligus memecahkan masalah terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari - hari.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar