Minggu, 02 Desember 2012

Berapa Jumlah Kakinya ?



Kalian tahu kaki seribu ? Ngomong – ngomong,berapa sih, jumlah kakinya ? Apa bener ada seribu ?

Tidak dapat dipastikan berapa jumlah kaki si kaki seribu atau keluwing. Kecuali apabila kita dapat menghitung jumlah segmen atau ruas tubuhnya. Setiap ruas tubuhnya memiliki dua pasang kaki. Kaki seribu memiliki jumlah ruas 25-100, atau tergantung jenisnya.
Keluwing termasuk jenis herbivora. Jadi walaupun terlihat seram karena jumlah kakinya yang begitu banyak, ternyata dia tidak berbahaya karena tidak memiliki racun. Keluwing akan menggulung tubuhnya jika dia terancam. Ini adalah caranya untuk melindungi dirinya agar dikira sudah mati.

Hewan lain yang disebut kaki seribu adalah kelabang. Kelabang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini beraktivitas di malam hari dan merupakan hewan berbisa. Dia memiliki kaki beracun pada ruas tubuhnya yang paling depan yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsanya serta sebagai alat untuk pertahanan dirinya.
Ketika kelabang menggigit mangsanya, dia akan memasukkan bisanya melalui lubang taring yang dimilikinya itu.
Bagaimana jika kita digigitnya ? Hmm, bisanya dapat membuat kita sakit kepala hebat, bengkak, demam, sampai muntah – muntah.
Jadi, harus berhati – hati jika kita bertemu dengan kelabang yang juga biasa disebut kaki seribu ini.

*Sumber :
Mayangsari S, S.SI, 500++ Fakta Paling WOW di Dunia, Jakarta: CMedia. 2001
Colvin, Leslie, & Emma, Speare, Living World Encyclopedia: Tumbuhan, Hewan, dan Alam, London: Usborne Publishing Ltd. 2004

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar